Selasa, 20 April 2010

Jenis-Jenis Kendaraan dalam Kehidupan dunia

Jenis-Jenis Kendaraan dalam Kehidupan sangat lah banyak, dengan kriteria, metoda mengendarainya, hambatan yang dihadapi, kecepatan, daya selip, jarak tempuh, ketangguhan mesin, fasilitas yang dimiliki setiap jenis nya yang berbeda-beda, tetapi pada prinsipnya fungsinya sama-sama sebagai kendaraan.


1. Kaki: kaki merupakan kendaraan paling sederhana dalam kehidupan, ALLAH telah menciptakan kaki kita untuk menopang tubuh dalam melakukan perjalanan, tidak dapat dipungkiri bahwa kaki adalah salah satu kendaraan untuk berjalan, dan perlu diketahui, kaki adalah kendaraan yang paling aman, resiko kecelakaan lebih kecil, tidak membuat polusi, tidak perlu tempat pemberhentian untuk melakukan pengisian minyak, kecepatan stabil, banyak jalan yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki, dengan berjalan kaki, si pejalan tidak perlu membawa barang bawaan yang banyak, sehingga tidak memberatkan si pejalan tersebut, tetapi jika si pejalan membawa barang bawaan yang banyak, maka dia akan diberatkan sendiri oleh barang bawaan nya tersebut. yang saya tau jalan kaki itu sehat. dan menurut saya untuk saat ini saya sedang berjalan dengan berjalan kaki.


2. Sepeda: sepeda adalah kendaraan tingkat kedua. diatas kaki, secara garis besar sepeda tidak jauh berbeda dengan kaki, tidak membuat polusi, resiko kecelakaan lebih kecil, kecepatan stabil, banyak jalan yang bisa ditempuh, tetapi sepeda suatu ketika harus melakukan pemberhentian, ketika ban kempes, ban nya bocor, banya sudah menipis dan harus diganti, rantanya lepas, dan semua kemungkinan kerusakan yang akan terjadi, yang membuat sepeda tetap memiliki ruang untuk berhenti. kelebihannya dari kaki adalah kecepatan, sepeda bisa lebih cepat dari kaki, tapi kecepatan yang dimilki sepeda tidak menjamin bahawa sepedalah yang akan tiba lebih dahulu di garis finish.


3. Motor: motor adalah kendaraan setingkat lebih tinggi dibanding sepeda, motor sudah menggunakan mesin untuk menjalankannya, sehingga motor membutuhkan bensin sebagai bahan bakarnya, dengan menggunakan mesin buatan manusia ini, motor menghasilkan polusi, tapi dengan tingkat polusi yang kecil, motor membutuhkan tempat pemberhentian untuk menambah bahan bakar jika telah habis, motor perlu pemberhentian jika terjadi kerusakan, dan motor memiliki resiko kecelakaan yang lumayan tinggi, tapi motor memiliki kemampuan menyelip yang handal, dalam keadaan macet motor bisa terus melaju pada jalan-jalan kecil yang ada di pinggir jalan atau malah menggunakan pinggiran jalan, tetapi melanggar aturan. nah untuk jenis jalan yang dapat ditempuh, motor lebih sedikit dibanding dengan sepeda, apa lagi jika dibanding dengan pejalan kaki.


4. Mobil roda 4: mobil roda empat jenis mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat kita saat ini, tetapi tidak semua orang dapat memiliki mobil karena harganya. dan dari segi kebutuhan mobil tergolong kebutuhan premier, itu menurut peklajaran ekonomi yang pernah aku pelajari saat duduk dibangku SMP. jadi bisa dikatakan mobil dapat digunakan hanya pada orang-orang tertentu yang mampu untuk membelinya, mobil memiliki jarak tempuh yang jauh, jika dibandingkan kaki, sepeda, dan motor. mobil mengeluarkan polusi, tetapi pada kenyataanya saat ini sidah banyak mobil yang didak menggunakan bahan bakar dan beralih kepada tenaga batrai, sehingga tidak menghasilkan polusi lagi, jenis jalan yang dapat ditempuh pun mulai terbatas, hanya jalan raya saja, nah klo jalan kecil atau jalan tikus sudah tidak dapat ditempuh dengan menggunakan mobil. mobil memiliki kapasitas penumpang, semakin sedikit penumpang tarikan mesing semakin ringan, sehingga tidak memberatkan mobil tersebut. resiko kecelakaan mobil cukup tinggi, tetapi jika terjadi kecelakaan, sipengendara masih terlindungi oleh cup depan mobil tersebut, lain halnya dengan motor, jika terjadi kecelakaan, maka sipengendara langsung terkena. untuk fasilitas sendiri, mobil sangat berfariasi, ada mobil yang pake AC dan ada yang tidak, ada pintu matic ada yang tidak, ada yang gigi matic ada yang tidak, ada yang jendela otomatis dan ada yang tidak, ada yang roda besar dan ada yang kecil, ada mobil yang punya cup depan dan ada yang tidak, ada yang memiliki pintu disemua sisi dan ada yang tidak, dan banyak jenis lainya yang sangat berfariasi belum lagi jika harus mengkaji tentang warna dimana warnanya sangat bervariasi mulai dari putih hingga hitam pekat, ini semua tergantung pada harga dan kemampuan si pengguna untuk membelinya dan menggunkanya.


4. mobil roda 6, 8 dan seterusnya(bisa dikatakan truk): nah klo truk polusinya gile bangettt...bahan bakarnya mayoritas solar, dan menghasilkan polusi yang besar, biasanya truk membawa barang bawaan sangat banyak, hingga kecepatanya sendiri tidak bisa tinggi, karena barang bawaan yang di bawa, mengendarainya pun butuh tenaga yang amat besar, karena biasanya mesinya tidak power stering, hehe, sotoy...pokok nya klo truk udah deh, makan badan jalan, jalan pelan, polusi juga, dan banyak lainya.


5. ada kendaraan yang lain media, klo kendaraan kaki, sepeda, motor, mobil dan truk, itu jenis kendaraan yang berjalan dijalan raya atau darat. nah ada lagi kendaraan yang berjalan di air seperti boot, sampan, kapal pesiar, kapal dagang, kapan mengangkut penumpang, dan lain sebagainya tapi saya belum bisa menjelas kan ini karena saya belum mencoba untuk menggunakan kendaraan ini, insya allah suatu saat jika saya sudah mencoba untuk menggunakanya, maka saya akan bercerita kembali.


ada juga kendaraan yang berjalan diudara, pesawat komersial, pesawat tempur, helikopter, dan lain sebagainya, nah klo jenis kendaraan ini belum semua saya coba, dan ceritanya juga nanti saja insya allah jika saya masih ada umur, dan telah mencoba jenis kendaraan itu.


6. ada satu jenis kendaraan darat yang belum saya tuliskan, yaitu, kereta api, saya tidak mendeskripsikan kereta api karena saya belum pernah naik kereta api, hingga saat ini usia saya sudah 20 tahun. hehe, g gege ya,,g apalh, belum coba saat ini sehingga belum bisa cerita, ok. insya allah klo ada umur dan diberi ijin untuk mencobanya baru aku cerita lagi ok..


oya, masih banyak kan, belum lagi saya harus bercerita tentang kendaraan umum yang ada disekitar kita, dan deskripsinya, karena kendaraan umum memiliki masalah yang lebih kompleks.
cerita bersambung, sampai waktu yan tidak ditentukan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar