Selasa, 11 Januari 2011

hidup bukan untuk, tapi..

banyak filosofi kehidupan yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, tapi banyak juga diantara kita yang terkadang salah dalam memahami filosofi-filosofi yang ada. siang tadi telah terjadi perbincangan yang sangat menarik dikelas dengan beberapa sahabat saya, kami berbincang dengan santai dan penuh canda tapi perbincangan itu mengandung makna yang dalam.
perbincangan dimulai dengan membahas bagaimana seorang cowok dan cewek dalam membangun sebuah hubungan, salah satu diantranya dengan pacara, ada yang bilang dengan pacaran mereka bisa belajar bagaimana karakter pasangan mereka, dan mereka juga bisa belajar bagaimana cara mereka dalam menanggulangi sifat dan karakter yang berbeda tersebut. intinya adalah pacaran itu tak selamanya negatif, jika kita bisa belajar dari hal yang kita lakukan dan tetp berada pada koridor yang benar menurut teman2 saya itu sih sah2 saja.hahaha....
pembicaraan beralih pada poligami, imba dahhh....poligami...adalah sebuah kata selalu menjadi kontro fersi dalam masyarakat, sebuah ungkapan pandangan dari salah seorang sahabat saya, poligami adalah hal yang sah-sah saja dalam islam, seorang pria yang melakukan poligami berarti dia hebat dan kuat, dia berani mengambil sebuah keputusan dan konsekuensi untuk berpoligami, menurut sahabat saya itu, poligami bagi seorang pria bagaikan sebuah pisau dengan dua mata panah, buset dah.....hhehe...jadi seorang pria jika melakukan poligami berarti dia pria yang senang akan tantangan, karena dengan berpoligami dia dituntut banyak hal dan dituntut lebih ketimbang pria yang tidak melakukan poligami. sedangkan dari sis wanitanya sendiri menurut sahabat saya tersebut, seorang wanita yang memutuskan mau untuk dipoligami maka wanita itu adalah seorang wanita yang kuat, karena dia berani dengan sebuah konsekuensi, akan banyak pandangan negatif yang akan lahir dari masyarakat, tetapi jika seorang wanita bisa bertahan dan tetap menjalankan hal tersebut telah memulangkan pada yang Satu, maka wanita itu adalah wanita yang kuat. hehe...aku bangga dengan sahabat2 ku saat ini, mereka memiliki kelebihan masing2 mereka rata2 mampu memaknai hidup mereka sebaik mungkin, walau dengan segala keterbatasan yang ada, ini adalah sebuah pelajaran besar dalam hidup ku.
perbincangan beralih pada sebuah pengalaman hidup seorang kakak dari sahabatkami yang baru saja berpulang kerahmatullah...aku sendiri memiliki anggapan bahwa jika seseorang meninggal diusia muda berarti allah sayang dengan orang tersebut, dan insya allah berpulang pada sisiNya, amin, untuk sahabatku sabar teman, kakakmu itu disayangi oleh Allah dan tak usah ditangisi biar beliau bahagia melihat kita. menurut penjelasa sahabat saya itu, kakaknya setelah menikah benar2 berubah 180 derajat, dia benar2 menjadi seorang wanita yang sholehah, pernah suatu ketika kakak nya mengungkapkan bahwa jika suatu saat nanti umurnya pendek atau pun tidak dia ikhlas mengijinkan suaminya untuk menikah kembali, sebuah pengakuan yang luar biasa, tdak semua wanita mau untuk dibagi cintanya. memang hebat kakak mu teman. dai wanita yang kuat.
sungguh pengalaman yang luar biasa hari ini. terimakasih ya ALLAH...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar